Minggu

Mengapa Langit Berwarna Biru ?


Ini sangat menarik untuk dipikirkan. Ketika kita melihat ke langit pada malam hari, langit akan terlihat berwarna hitam dengan bintang dan bulan membentuk titik-titik cahaya langit. Mengapa pada siang hari langit langit tidak berwarna hitam dengan matahari berfungsi sebagai titik cahaya yang lain ? Mengapa pada siang hari langit berubah menjadi biru cerah dan bintang-bintang menghilang ?
Hal pertama yang perlu diketahui bahwa matahari adalah sumber cahaya yang sangat terang, dan jauh lebih terang daripada bulan. Hal kedua yang perlu dipahami adalah bahwa atom-atom nitrogen dan oksigen pada atmosfer berpengaruh pada cahaya matahari yang melewatinya. Ada gejala (fenomena) fisika yang disebut Rayleigh yang menyebabkan sinar matahari menyebar ketika melewati partikel-partikel yang berdiameter 1/10 dari panjang gelombang (warna) dari sinar matahari. Sinar matahari terdiri atas bermacam-macam warna cahaya yang berbeda, tetapi karena unsur-unsur yang ada di atmosfer, warna biru yang paling banyak menyebar.
Jadi, ketika melihat ke langit di siang yang cerah, kita melihat matahari sebagai piringan cahaya. Warna yang kita lihat di langit adalah seluruh atom yang ada di atmosfer yang menyebarkan cahaya biru kearah kita.

Artikel Terkait



12 komentar:

Bisnis Online PTC mengatakan...

selamat pagi sobatku, ada info ni blog hidup penuh warna milik sobat terpilih sbg salah satu penerima award dari blog bisnis online ptc mohon diterima dan silhkan cek di http://adityabisnis.blogspot.com/2011/04/award-ketiga-untuk-bisnis-online-ptc.html

SIRIH MERAH mengatakan...

oohh begitu yach????
thanks infonya aku jadi tau sekarang.....

Kita Sehat mengatakan...

nice artikel sob,,thanks

Penghuni 60 mengatakan...

oh begitu ya...
^_^
tp kalo memandang langit berwarna biru itu terasa damai dihati sob..
dari pada mendung gelap

Unknown mengatakan...

Wahh!!! Dapet sob!! Ternyata begitu sob? hmmm.. Memang kadang2 itu hal yang mungkin belum pernah terpikir sob.. hehehe.. thx buat pengetahuannya sob!!

vicky mengatakan...

kunjungan pertama sob , oh ya kita sesama tim KBW /20

cloud icon mengatakan...

wah..seperti info yang ringan tapi ternyata sangat berkualitas! thanks infonya

AcerNoval mengatakan...

ohh pantes aja sob., karena atmosfer ternyata hhe :D

rofi mengatakan...

Jadi tambah wawasan nih gan, terima kasih dengan tulisannya.

women mengatakan...

Jadi dapet pengatahuan baru nih Sob.

home mengatakan...

Kalau gitu, berarti lagu bintang kecil salah kaprah yah Sob "Bintang kecil di langit yang biru...>>>seharusnya Bintang kecil di langit yang gelap atau hitam"....(kan bintang malam hari ajah kelihatannya)

cobus mengatakan...

Bintang kecil di langit yang biru itu ada bos.. semoga anda bisa menemukannya juga..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

BACKLINK



free counters



Backlinkfree

Free Backlinks Exchange


Photobucket


Free Auto Backlinks

japanese instant free backlink


Build Your Links For Free, Links Building Service

Teman - Teman

© Copyright 2011. Hidup Penuh Warna . All rights reserved | HOME | FREE ONLINE BUSINESS | GOOGLE | is proudly powered by Blogger.com | Template by zoomtemplate.com