Jumat

Memilih Template Keren Gratis

Bagi anda pecinta blogger, mungkin sudah menganggap bahwa blog ibarat sebuah rumah. Kalau di ibaratkan rumah, pastilah anda ingin mempunyai rumah yang bagus dan menarik, sehingga sang pemilik merasa betah berada di dalam rumah. Demikian juga apabila ada tamu yang sedang berkunjung, tentunya sang tamu akan merasa nyaman sehingga tidak bosan untuk sering-sering berkunjung.

Mengingat saya juga masih awam, artikel ini saya buat tujuannya hanya sekedar untuk arsip. Tapi apabila artikel ini ternyata bisa bermanfaat untuk anda alangkah senangnya hati saya ini. Buat anda yang mungkin sudah  berpengalaman, mohon masukan dan sarannya buat blog yang jelek ini supaya dapat dimaksimalkan lagi.

Mungkin diantara anda ada yang  masih bingung harus kemana mencari template yang keren dan menarik. Di blogger atau blogspot, anda dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Selain itu, anda dapat mengganti template dengan cara mengunduh atau medownloadnya di http://blogtemplate4u.com  atau di http://www.colorizetemplates.com. Disana terdapat berbagai bahkan ratusan template yang bisa anda gunakan secara gratis. 

Jika anda memang berminat menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut. Dengan tidak membuang link credit pembuat template, itu adalah sebagai apresiasi atas kerja keras mereka dalam menyediakan template secara gratis.

Setelah anda mendownnloadnya, berikut adalah cara-cara untuk mengganti template pada blog anda:
1.  Karena biasa file yang di download adalah file yang berbentuk zip atau rar, anda tidak bisa langsung memasukkannya ke blog. Oleh sebab itu anda perlu menguraikannya terlebih dahulu. Caranya, file yang didownload tadi dibuka menggunakan software winzip kemudian cari file yang ada akhirannya xml, klik kanan, pilih open white (notepad/wordpad). Setelah terbuka silahkan di copy/salin semua, karena itu nanti akan dimasukkan pada blog anda.

2.  Silahkan login ke blogger dengan ID anda. 

3.  Klik Rancangan.

4.  Klik menu Edit HTML. 

5.  Untuk antisipasi kesalahan yang terjadi, sebaiknya di backup terlebih dahulu, klik pada tulisan Download Template Lengkap, jangan lupa tamplate widget di centang dahulu.

6.  Kalau sudah di backup, kemudian hapus semua isi template.

7.  Setelah halaman kosong, paste file xml yang telah di copi (pada no.1).

8.  Apabila muncul peringatan tentang widget, klik pada tombol PERTAHANKAN WIDGET. 

 9.  Sebelum di save, mungkin sebaiknya di pratinjau terlebih dahulu.

10.  Selesai.

Catatan :  Keterangan di atas hanya berlaku untuk template blogger yang baru, karena blogger yang sekarang menggunakan tamplate xml. Apabila anda memasukkan template klasik mungkin hasilnya tidak akan bisa disimpan.

Semoga postingan yang sederhana ini,  bisa bermanfaat dan mengubah blog anda menjadi lebih menarik. Silahkan tinggalkan pesan atau komentar anda sebagai masukan. Karena masukan dari anda merupakan bahan belajar untuk saya.

Artikel Terkait



8 komentar:

Artikel Komputer mengatakan...

Templatenya bagus-bagus, semoga semakin terus berkarya dan menghasilkan lebih banyak template

Panduan SEO mengatakan...

Semoga blognya semakin berkembang, template blognya bagus sobat

hidup penuh warna mengatakan...

@Artikel Komputer
terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, pemilik blog ini sendiri banyak belajar dari Artikel Komputer... :)

clasix mengatakan...

boleh juga tu sarannya...

kowandy mengatakan...

nice share

onebenx.blogspot.com mengatakan...

mantap2 gan . . .
mapir juga yo blog ane . . .

Pepi Susanti mengatakan...

trims infonya..link back donk ah ^^

Anonim mengatakan...

Terimakasih

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

BACKLINK



free counters



Backlinkfree

Free Backlinks Exchange


Photobucket


Free Auto Backlinks

japanese instant free backlink


Build Your Links For Free, Links Building Service

Teman - Teman

© Copyright 2011. Hidup Penuh Warna . All rights reserved | HOME | FREE ONLINE BUSINESS | GOOGLE | is proudly powered by Blogger.com | Template by zoomtemplate.com