Minggu

Perjalanan Jadi TKI

Malam minggu datang kembali, setelah seminggu di tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Yach... biarpun malam ini tidak ada acara, paling tidak besok bisa merasakan istirahat kerja. Setelah beberapa saat termenung di depan komputer, tiba-tiba teringat kenangan yang terjadi beberapa tahun silam. Pengalaman hidup yang tak mungkin dapat terlupakan.

Bagi anda atau mungkin ada diantara saudara anda yang ingin jadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia), postingan saya kali ini mungkin bisa memberi sedikit gambaran buat anda semua. Karena saya sendiri pernah merasakan pahit manisnya hidup di negeri orang. Walaupun cuma dua tahun, saya rasa cukuplah untuk tambahan bekal di masa depan. Maksudnya bukan bekal uang tapi bekal pengalaman, gitu... 

Tahun 2005, tahun pertama saya merasakan hidup yang ternyata memang penuh perjuangan. Wah... jadi teringat lagunya Bang Haji Rhoma Irama nih. hehehe...

Menunggu dan menunngu, akhirnya visa pun keluar kurang lebih dua bulan kemudian setelah pembuatan paspor. Saya berangkat dari rumah sekitar minggu ke tiga di bulan september tahun 2005. Waktu itu, saya dan rombongan yang terdiri dari 30 orang calon TKI berangkat dari pelabuhan Tanjung emas - Semarang dengan tujuan Pontianak. Karena negara tujuan adalah Malaysia bagian timur, maka tujuan pertama kami adalah kota Pontianak. Setelah barada di kapal kurang lebih tiga hari (capek deh...), sampailah kami di kota Khatulistiwa, Pontianak - Kalimantan Barat.

Sesampai di pelabuhan, kami langsung di jemput oleh beberapa mobil yang akan mengantar ke tempat penampungan sementara. Waduh... bisa berbulan-bulan nih kok di penampungan segala (pikir kami pada waktu itu). Setelah sampai di penampungan, ternyata sudah ada rombongan lain juga yang sudah menunggu untuk di berangkatkan. Jadi total semua yang akan berangkat kurang lebih 50 orang. Sambil menunggu, kami juga bisa menukar uang Ringgit di penampungan itu.

Sepertinya hari itu merupakan hari keberuntungan buat kami, pasalnya yang biasa calon TKI ini sampai berhari-hari menunggu keberangkatan, kami hanya menunggu sekitar 10 jam dan langsung berangkat menuju ke negara tujuan. Betapa senangnya hati, dan tentunya juga di penuhi dengan rasa penasaran pingin cepet-cepet sampai di tempat tujuan.

Perjalanan kami tempuh sekitar 8 jam dengan menaiki dua buah mini bus, dengan mata yang masih sedikit ngantuk sampailah kami di Entikong yaitu perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia Timur. Karena pada saat tiba di perbatasan masih dini hari, kami pun harus menunggu sampai perbatasannya di buka kembali.

Nah... apabila anda nanti melewati perabatasan ini, saya sarankan untuk lebih berhati-hati karena disini banyak para calo yang menawarkan jasa penukaran uang ataupun menjual barang. Yang sering terjadi, mereka suka memaksa dan tidak segan-segan untuk memeras para korbannya. Harap maklum saja, karena sebagian mereka adalah preman, atau sering di sebut dengan sebutan samseng.

Setelah perbatasan dibuka, kami langsung antri untuk pengecekan paspor. Sambil antri, saya perhatikan ternyata banyak juga bus antar negara yang lalu-lalang melewati perbatasan tersebut. Beberapa saat kemudian akhirnya giliran saya pun tiba, paspor segera di cap oleh petugas. Dan itu berarti saya sudah resmi masuk di negara Malaysia.

Tidak lama kemudian, semua paspor pun selesai di cap. Di situ pula kami harus menunggu jemputan yang akan membawa ke tempat kami bekerja nantinya. Tidak lama sih, sekitar dua jam kami menunggu, bus yang kami tunggu-tunggu akhirnya bisa kami naiki juga. Tepatnya jam sembilan kami langsung di berangkatkan dari perbatasan menuju ke tempat tujuan terakhir. 

Memang benar apa kata orang-orang, bahwa Malaysia Timur daerahnya tidak seramai dengan Malaysia Barat. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa Malaysia Timur merupakan wilayah khusus industri di negara tersebut.

Perjalanan sudah lama kami tempuh, akan tetapi belum juga sampai tujuan. Dari ujung rambut sampai ujung kaki, mulai terasa pegal-pegal semua. Mungkin bisa sedikit anda bayangkan, setelah perjalanan dari Pontianak menuju perbatasan, sekarang perjalanan lagi dari perbatasan menuju ke tempat kerja yang ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Benar-benar hari yang melelahkan. Huhhh...

Waktu menunjukkan pukul sembilan malam, akhirnya kami sampai juga ke tempat yang sudah di nanti-nanti. Salah satu perusahaan kayu lapis / plywood di kota Bintulu - Serawak, adalah perusahaan tempat kerja kami yang baru. Pertama kali bekerja, pertama kali pula di negeri orang. Perjuangan hidup baru di mulai....


Mengingat waktu sudah larut malam dan tangan ini juga sudah capek mengetik,  sampai disini dulu dan ceritanya disambung pada postingan selanjutnya. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk meninggalkan pesan atau komentar anda. Karena komentar anda, sangat - sangat begitu berarti...

Artikel Terkait



6 komentar:

Adrian mengatakan...

bagus nih artikelnya..sukses slalu ya sob..jangan lupa jga komentar baliknya di blogku sobatku

Unknown mengatakan...

,,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Ibu Surthy mengatakan...

Saya ibu surthy tki singapore saya hadir berkomentar di dalam blog ini,cuma ingin menceritakan kisah nyata,sekaligus mau mengucapkan banyak terima kasih kepada Mbah Sero,atas bantuannya semua hutang2 saya sudah pada lunas,nomor togel yang Mbah berikan lansung 4d bocoran singapore,syukur alhamdulillah tembus dapat kemenangan 800.juta,itu dalam bentuk uang indo,kemarin saya sangat bingun karna hutang banyak,syukur sekarang sudah senang tidak memikirkan hutang lagi,saya tidak akan melupakan bantuan Mbah,apa bila saya sudah pulang ke indo saya akan berkunjung kepondok Mbah untuk silatu rahmi,bagi saudarah2 yang lagi terlilit hutang jangan anda putus asa,kalau mau sukses seperti saya silahkan tlpn atau sms Mbah Sero di nomor O82~370~357~999 beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberikan bukti,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya terima kasih..

Unknown mengatakan...

Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

aditya.aulia139@gmail.com mengatakan...

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
BBM INVITE:::[D8980E0B]

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

BACKLINK



free counters



Backlinkfree

Free Backlinks Exchange


Photobucket


Free Auto Backlinks

japanese instant free backlink


Build Your Links For Free, Links Building Service

Teman - Teman

© Copyright 2011. Hidup Penuh Warna . All rights reserved | HOME | FREE ONLINE BUSINESS | GOOGLE | is proudly powered by Blogger.com | Template by zoomtemplate.com